KAOS FLANEL CANTIK DAN TAS PERCA PELANGI


Banyak kaos distro lama yang numpuk di lemari?? Sudah bosan memakainya, jadul atau sudah ketinggalan mode masa kini?? Dibuang sayang, tapi bingung mau dipakai apa??
Kali ini, PH punya solusinya. Daripada buang-buang uang untuk membeli kaos atau baju baru, kaos yang sudah ketinggalan jaman, kita percantik dengan menambahkan hiasan di atasnya, misalnya dengan menggunakan kain flanel warna-warni. Selain kita dapat membuat bentuk-bentuk yang kita inginkan sendiri, membubuhkan nama kita, juga dapat mengasah kreativitas dan imajinasi kita.
Kain flanel mudah didapat di toko pakaian perlengkapan jahit dengan harga yang terjangkau. Harganya pun tergantung mutu kainnya, kain flanel jepang lebih bagus, tapi juga lebih mahal. Cara menjahitnya pun cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Tidak dibutuhkan keahlian khusus dalam berkreasi dengan kain flanel. Dengan sedikit kesabaran dan imajinasi dalam memadu padankan warna pada kain akan menjadi tantangan tersendiri yang menarik. Selain bisa menjadi kegiatan mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan kuliah, berkreasi dengan kain flanel bisa untuk refreshing juga lho!
Bahan dan peralatan yang dibutuhkan antara lain :
1. Kaos
2. Kain flannel
3. Gunting
4. Lem UHU atau lem kuning
5. Jarum jahit
6. Benang (bisa menggunakan benang wol atau benang jahit biasa)
7. Kertas
8. Pensil
9. Pernak-pernik hiasan
Dan cara membuatnya adalah :
1. Buat desain kaos dan flanel secara keseluruhan di atas kertas. Ini berfungsi untuk meperkirakan besar objek yang akan kita buat dan disesuaikan dengan panjang dan lebar kaos. Selain itu, pola ini akan mempermudah dalam penempatan objek di atas kaos.
2. Buat pola per bagian objek. Mulai dengan pola yang paling utama (yang memberi bentuk objek), misalnya bentuk badan / baju terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pola tambahan (sebagai pelengkap), misalnya tangan, hiasan baju, huruf, dll.
3. Gunting pola.
4. Letakkan pola di atas kain flanel kemudian gambarkan pola di atas kain.
5. Setelah semua pola tergambar, gunting pola menurut garis tepi.
6. Pasangkan terlebih dahulu assesoris tambahan menggunakan lem sebelum dijahit. Disini kita harus dapat membedakan antara assesoris yang harus dipasang sebelum dijahit atau sesudah dijahit.
7. Kuatkan rekatan lem dengan jahitan biasa dan benang yang sewarna.
8. Jahit objek yang akan dibuat di atas kaos murah. Jahitan untuk tepi pola dapat menggunakan teknik feston, teknik tumpuk, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Sebelum menjahit, kain flanel dapat direkatkan menggunakan lem terlebih dahulu agar tidak bergeser.
Teknik feston :
9. Jahit dengan menggunakan jahitan biasa. Jika ingin berkreasi, gunakan benang yang tidak sewarna dengan kain.
10. Untuk pemasangan huruf, caranya sama dengan pemasangan pola yang sebelumnya.
Nah, agar hasilnya maksimal, berikut ada tips-tips yang harus diperhatikan :
1. untuk membuat kreasi yang bagus, kita harus dalam keadaan mood yang bagus pula. Percaya atau tidak, itu berpengaruh lho..
2. Pada awalnya pilih pola atau bentuk yang sederhana terlebih dahulu, agar tidak kesulitan menjahitnya. Apalagi jika baru pertama kali mencoba.
3. Jangan menggunakan karbon ketika menjiplak pola karena bisa mengotori kain flanelnya.
4. Sebaiknya menggunakan pensil yang warnanya menyerupai kain yang akan dipakai karena jika menggunakan pensil biasa akan mengotori kain. Bisa juga menggunakan tinta warna perak untuk kain yang berwarna cerah atau kapur untuk kain berwarna gelap.
5. Gunting kain sedikit di bawah pola supaya bekas goresan pensil tidak terlihat.
6. Gunting kain dengan gunting yang berujung lancip agar dapat menggunting hingga ke sudut-sudut yang kecil.
7. Sebaiknya jangan mengunakan gunting yang sama antara gunting kain dan gunting kertas, karena gunting akan berkurang ketajamannya.
8. Untuk teknik menggunting kainnya, usahakan bisa sekali jalan untuk setiap pola, maksudnya, pada saat menggunting kain flanel, jangan terlalu banyak mengerem (berhenti) karena nanti hasil guntingannya tidak halus.
9. Pilih lem yang tidak meninggalkan bekas pada bahan, karena bisa mengurangi kerapian hasilnya.
10. Untuk memudahkan dalam menjahit, beri sedikit lem sebelumnya.
Kaos lamamu sudah seperti baru kan?!
Creativity Part 2:
“Tas Perca Pelangi”
Bahan-bahan yang kita butuhkan tidak jauh berbeda dengan pembuatan kaos flannel cantik, namun kita membutuhkan beberapa bahan tambahan antara lain:
1. kain belacu ½ meter
2. kain bermotif (untuk dalaman tas agar terlihat cantik), kain ini dapat menggunakan kain flanel ataupun kain jenis lain.
Cara membuatnya adalah :
1. Gabungkan kain perca satu demi satu, diusahakan warnanya selang-seling. Dalam menggabungkan kain flannel dapat menggunakan jahit tangan maupun dijahit menggunakan mesin jahit.
2. Buat tas dari kain blacu, dengan cara :
a. potong kain balacu lebar 50 cm panjang 100 cm
b. jahit membentuk kantong ukuran 50 x 50 cm
c. jahit bagian pojok bawah kanan dan kiri
3. Buat dalaman tas distro dengan bahan kain flanel motif atau bisa dengan kain jenis lain, dengan cara yang sama dengan membuat tas
4. Pasang aplikasi perca pada bagian depan tas atau sesuai selera.
5. Buat 2 helai tali dengan lebar 10 cm dan pajang 100 cm
6. Pasang tali yang telah dibuat di sisi kanan dan kiri tas.
7. tas siap dipakai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar