Peluang dan prospek Bisnis Kaos

Prospek bisnis kaos sangat menjanjikan jika dikelola dengan manajemen yang baik. Sekarang ini kebutuhan masyarakat akan kaos sangat tinggi. Lihat saja berapa banyak yang menggunakan kaos dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya anak muda saja yang menyukai jenis pakaian ini, hampir semua golongan umur kalau ditanya pasti akan menjawab suka dan memiliki kaos.

Selain faktor diatas, peningkatan kebutuhan kaos juga karena selain fungsi dasarnya sebagai pakaian yaitu melindungi badan kita, saat ini kaos juga telah dijadikan sebagai media promosi. Lihat saja ketika musim kampanye, bisnis kaos meraih keuntungan yang besar. Musim panen bagi kalangan usahawan sablon kaos. Selain itu banyak juga perusahaan yang memanfaatkan kaos sebagai sarana promosi. Kaos dibagikan sebagai souvenir ataupun hadiah dengan harapan pesan yang tertera di kaos banyak dilihat orang.

Mengingat faktor tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis kaos mempunyai prospek cerah di masa mendatang dengan catatan, selalu berinovasi dari segi model, design, bahan, pemilihan warna, dan tentunya faktor harga. Bisnis kaos harus memperhatikan pangsa pasarnya. Jika untuk kalangan anak muda yang kebanyakan kondisi keuangannya masih pas-pasan, perlu produksi kaos dengan seefisien mungkin sehingga memiliki harga jual yang kompetitif. Karena tanpa disadari persaingan kompetitor lain juga sangat ketat. Harus pandai-pandai memenej jika ingin sukses di bisnis kaos.

Dalam hal pemasaran juga perlu dikembangkan sebuah sistem pemasaran yang bisa menguntungkan. Bisa dengan konsinyasi, sistem reseller atau pun langsung ke konsumen dengan membuka outlet atau toko. Kalau menggunakan sistem konsinyasi dan reseller usahakan kedua belah pihak saling menguntungkan sehingga jalannya usaha bisnis kaos akan langgeng.